Halaman

Manusia tidak mungkin memperoleh pengetahuan baru, kecuali Dia mau beranjak dari apa yang telah diketahui untuk belajar apa yang tidak diketahuinya. --Claude Bernard--

Kamis, 03 Juni 2010

Pengaruh Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

B. Pengaruh Negatif Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Disamping pengaruh positif, Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi juga menimbulkan pengaruh negatif. Pengaruh negatif ini disebabkan penggunaan teknolog secara tidak tepat dan tidak bertanggung jawab, antara lain sebagai berikut :
  1. Menghabiskan waktu menonton televisi atau bermain games komputer sehingga lupa mengerjakan pekerjaan rumah.
  2. Merusak dokumen, program atau sistem komputer orang lain denga cara menyebarkan virus komputer.
  3. Terjadi pengangguran karena pekerjaa di pabrik-pabrik besar banyak menggunakan robot yang  dikendalikan komputer, sehingga proses produksinya tidak lagi membutuhkan banyak tenaga manusia.
  4. Ketergantungan pada teknologi. Sekarang ini orang sudah sangat tergantung oada teknologi, contohnya sebuah usaha dapat bangkrut jika sistem komputernya rusak.
  5. Pengaruh buruk bagi kesehatan. Komputer daoat berdampak buruk bagi kesehatan mata, lengan, dan jari-jari tangan kita. Contohnya jika kita  terlalu lama melihat layar monitor, sinar radiasinya dapat membuat mata kita lelah.

Demikian beberapa pengaruh negatif penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, setelah membaca isi materi dengan seksama, anda dapat mengelompokan dan mendiskusikan mengenai pengaruh positif dan negatif lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar