Halaman

Manusia tidak mungkin memperoleh pengetahuan baru, kecuali Dia mau beranjak dari apa yang telah diketahui untuk belajar apa yang tidak diketahuinya. --Claude Bernard--

Kamis, 03 Juni 2010

Mitos Seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Mitos Seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengubah sikap dan tingkah laku manusia. Hampir semua  aktivitas mulai dari bekerja, belajar, sampai bermain bergantung pada teknologi. Komputer merupakan simbol utama dari perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, hampir semua kegiatan dapat dilakukan oleh komputer.

Di Jepang, salah satu fungsi utama komputer adalah untuk kegiatan ekonomi atau bisnis. Para pengusaha Jepang melakukan bisnis jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet. Melalui internet ini para pengusaha Jepang dapat  berbisnis  dengan pengusaha lain, baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri.
Alat-alat yang digunakan adalah laptop. PDA atau telepon seluler.

Kegiatan bisnis melalui internet ini ternyata tidak selalu lancar. Mereka selalu khawatir oleh suatu hal yang sangat mengganggu dan merugikan, yaitu adalah Virus komputer yang menyebar melalui jaringan komputer.
Virus ini sudah lama menjadi musuh oleh para pengusaha Jepang, karena begitu banyak kerugian yang timbul jika virus menyerang komputer mereka. Berbagai transaksi keuangan terganggu  dan yang lebih parah lagi dokumen-dokumen penting didalam komputer rusak, bahkan terhapus dengan sendirinya.

Walaupun para pengusaha Jepang melakukan pencegahan  dengan program antivirus  pada komputernya, tetap saja mereka dibuat khawatir. Ada satu hal yang menarik dan unik dari tingkah laku para pengusaha Jepang ini. Mereka memiliki cara untuk mencegah serangan virus komputer tersebut.

Biasanya, pengusaha Jepang membawa perangkat komputer mereka ke Kuil terdekat sebelum mengawali aktivitas kerjanya. Mereka berdoa didepan altar Dewa Shinto agar komputer mereka terhindar dari kerusakan yang disebabkan virus komputer, sehingga bisnisnya pun berjalan lancar.
Wah unik juga tingkah laku pengusaha Jepang itu..

Demikian Mitos seputar Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini saya buat berdasarkan informasi dari seorang teman saya (Renata) yang berkebangsaan Jepang. 

=============================================================
Virus Komputer
Tidak hanya mahluk hidup yang terjangkit virus, Komputer juga sering terkena serangan virus.
Virus komputer adalah suatu program yang mencari dan menginfeksi program lain dengan menyalin dirinya kedalam program tersebut. Virus komputer merusak sistem komputer dengan berbagai macam cara, mulai dari menampilkan pesan-pesan lucu sampai menghapus dokumen dalam komputer, bahkan menyebabkan kerusakan total pada sistem.

=============================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar