Halaman

Manusia tidak mungkin memperoleh pengetahuan baru, kecuali Dia mau beranjak dari apa yang telah diketahui untuk belajar apa yang tidak diketahuinya. --Claude Bernard--

Jumat, 11 Juni 2010

Perangkat Keras Penyimpan (storage devices)

4. Perangkat Keras Penyimpan  (storage devices)

Komponen perangkat keras (Hadware) berupa disket, Flashdisk, harddisk, CD/DVD disebut sebagai media penyimpanan (storage). Disebut media karena berfungsi sebagai tempat menyimpan data informasi dan program secara permanen agar dapat dikembalikan kembali oleh komputer setiap saat dibutuhkan. Kita bisa menyimpan data tersebut tanpa takut kehilangan akibat tidak adanya arus listrik.

Media penyimpanan bisa berfungsi ganda, yaitu sebagai peranti masukan (menyediakan data untuk diolah oleh processor) dan sekaligus sebagai piranti keluaran (menyimpan data/informasi yang sudah di olah).

Perangkat keras yang termasuk ini diantaranya :

a. Harddisk
Harddisk terbuat dari lempengan (piringan) yang dilapisi dengan material yang dapat di magneti pada kedua sisinya. Harddisk dapat menyimpan data dalam jumlah yang besar dan dapat dipanggil kembali pada waktu yang singkat .

b. Floppy disk
Floppy disk adalah piringan yang fleksibel yang terbuat dari mylar yang dilapisi dengan zat ferro oksida. Karena piringan ini bersifat sangat tipis dan dilapisi plastic, alat ini lebih di kenal dengan disket, Disket hanya mampu menyimpan data dengan ukuran terbatas.

c. Magneto-optical
Magneto-optical (MO) adalah gabungan dari drive magnetic dan optic, dimana data ditulis ke dalam media penyimpanan dengan bantuan sinar laser dan head magnetic. Perangkat ini tidak popular dalam masyarakat pengguna komputer .

d. Optical disk
Media penyimpanan optikal dengan menggunakan sinar laser untuk menulis dan mengambil data. Teknologi ini sama dengan yang digunakan pada teknologi audio VCD karena isinya bersifat permanen dan tidak dapat dirubah dan dihapus, yang dinamakan CD-ROM ( Compact Disc-Read Only Memory). Namun sesuai dengan perkembangan jaman, sekarang banyak pilihan keeping CD yang dapat ditulis dan dihapus untuk dipakai lagi yang disebut CD-R (Compact Disc-Recordable). dan CD-RW (Rompact Disc- Recordable Writeable).

* *DROM/DVD  merupakan media penyimpanan berbentuk piringan, CD-ROM mampu menyimpan data sampai 700 MB, sementara DVD mampu menyimpan data antara 4 GB hingga 9 GB.

e. Memory
Memory adalah mekanisme penyimpanan data yang digunakan oleh komputer atau ruang simpan sementara dalam chip komputer, memory terbagai atas main memory – Internal Memory (penyimpan memory utama) dan backing storage – Eksternal Memory (penyimpan cadangan). Dalam komputer semua data yang terdiri dari serangkaian angka, komputer dapat menyimpan angka-angka tersebut dalam memory untuk kemudian digunakan.

a. Internal Memory 
Internal memory beroperasi pada kecepatan yang sangat tinggi dan dapat diakses secara langsung oleh CPU, internal memory terkandung di dalam chip komputer dan menggunakan IC untuk menyimpan data. internal memory dibagi yaitu ROM dan RAM. Selain itu ada pula memory yang disebut cache memory.
Cache memory merupakan memory yang memiliki kecepatan sangat tinggi, yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU. Komponen ini berfungsi sebagai pengingat, dalam hal ini yang disimpan memori dapat berupa data atau program, diantaranya:

ROM (Read Only Memory)
adalah merupakan jenis memori yang isinya tidak hilang walaupun arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output System). Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor ketika komputer mulai dihidupkan. 

RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat berganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat mengingat data selama arus listrik tidak terputus. RAM berfungsi sebagai penyimpan dan mengambil data dengan cepat.

  • Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan sampai dikirim ke ALU atau CPU untuk diproses.
  • Menyimpan data hasil dari pemrosesan ALU sebelum di kirim ke piranti keluaran.
  • Menampung program/intruksi yang berasal dari piranti masukan atau dari piranti pengingat sekunder.

b.Eksternal Memory
 
Eksternal Memory juga disebut sebagai media penyimpanan ekternal, penggunaan memory ekternal pada dewasa ini sangat popular digunakan, yaitu yang disebut flashdisk atau flash drive yaitu memory yang dapat pasang dan dicabut dengan mudah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar