Halaman

Manusia tidak mungkin memperoleh pengetahuan baru, kecuali Dia mau beranjak dari apa yang telah diketahui untuk belajar apa yang tidak diketahuinya. --Claude Bernard--

Kamis, 10 Juni 2010

Perangkat keras pengolah / pemroses (processing unit)

2.Perangkat Keras Pengolah (Processing unit)
  
Adalah peralatan yang melakukan pengolahan data menjadi informasi, atau yang menjadi “otak” mesin komputer dalam melaksanakan perintah yang diberikan. Piranti pengolah ini sering kita sebut dengan CPU (Central Processing Unit) atau dalam bahasa Indonesia adalah Unit pengolah pusat atau disebut juga processor.

a. Processor 
 
Processor merupakan nama singkat dari microprocessor dan sering di sebut CPU (central processing unit). Komponen ini berupa chip (IC/ Intregated Circuit) adalah seceping silikon yang berukuran kecil persegi yang mengandung puluhan ribu transistor dan komponen elektrik lainnya. Didalam proses kerja suatu komputer, processor merupakan bagian terpenting dalam melakukan proses masukan dan keluaran.

Processor salah satu komponen yang terpenting dalam sistem komputer, Processor sering disebut sebagai otak komputer karena sebagai pemroses data.

b. Memory 
 
Memory adalah ruang simpan sementara dalam chip komputer, memory terbagai atas main memory (penyimpan memory utama) dan backing storage (penyimpan cadangan).

1. Main Memory
Komponen ini berfungsi sebagai pengingat, dalam hal ini yang disimpan memori dapat berupa data atau program, diantaranya:

  • Menyimpan data yang berasal dari piranti masukan sampai dikirim ke ALU atau CPU untuk diproses.
  • Menyimpan data hasil dari pemrosesan ALU sebelum di kirim ke piranti keluaran.
  • Menampung program/intruksi yang berasal dari piranti masukan atau dari piranti pengingat sekunder.
Memory dibedakan atas ROM dan RAM. Selain itu ada pula memory yang di sebut cache memory.
ROM (Read Only Memory) merupakan jenis memori yang isinya tidak hilang walaupun arus listrik terputus dan pada awalnya isinya hanya bisa dibaca. ROM biasa disebut dengan BIOS (Basic Input/Output System). Intruksi dalam BIOS akan dijalankan oleh microprocessor ketika komputer mulai dihidupkan.
RAM (Random Access Memory) adalah jenis memori yang isinya dapat berganti-ganti selama komputer dihidupkan dan mempunyai sifat mengingat data selama arus listrik tidak terputus. RAM berfungsi sebagai penyimpan dan mengambil data dengan cepat.
Cache memory merupakan memory yang memiliki kecepatan sangat tinggi, yang digunakan sebagai perantara antara RAM dan CPU.

2. Backing Storage
Backing Storage juga disebut penyimpan cadangan merupakan penyimpan semua informasi non aktif di dalam kompouter, penyimpanan ini dibedakan atas serial acces contohnya tape drive dan direct acces contohnya Disk magnetic (hardisk), floppy disk (disket), CD/DVD ROM dan sebagainya.

c. Motherboard 
 
Motherboard terkadang disebut system board, main board dan plannar. Komponen ini terdiri atas sejumlah komponen yang terpasang secara menetap (tak bisa dilepas) dan slot-slot atau socket untuk memasang komponen yang dapat dilepas, misalnya sound card, i/o card, cip mikroprosesor dan cip ram.
Ada beberapa motherboard yang telah dilengkapi dengan i/o yang tidak dapat dilepas yang dikenal onboard. Slot-slot motherboard memungkinkan pemakai melakukan ekspansi atau melakukan upgrade, istilah ekspansi merupakan meningkatkan kemampuan komputer dengan cara menambahkan komponen-komponen tertentu untuk melakukan tugas-tugas yang tak tercakup pada system sebelumnya.

d. Power Supply  (Catu Daya) 
 
Power Supply (Catu Daya) berfungsi sebagai pemasok listrik dalam rangkaian komputer. Masukan komponen ini berupa arus listrik bolak-balik (AC) selanjutnya Power Supply (catu daya) mengonversi arus bolak-balik menjadi arus searah (DC), arus searah inilah yang sesungguhnya digunakan oleh komponen-komponen dalam komputer. Power Supply (catu daya) dapat di hidupkan dan dimatikan melalui tombol On-Off yang terdapat di bagian depan casing komputer.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar