Halaman

Manusia tidak mungkin memperoleh pengetahuan baru, kecuali Dia mau beranjak dari apa yang telah diketahui untuk belajar apa yang tidak diketahuinya. --Claude Bernard--

Kamis, 10 Juni 2010

PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE)

B. DASAR PERANGKAT LUNAK

Perangkat lunak (software) adalah sebuah aplikasi atau program-program yang telah dipasang (install) pada komputer dan berfungsi mengendalikan kerja komputer. Tanpa perangkat lunak, sebenarnya komputer hanyalah sebuah mesin yang tidak bisa apa-apa.
Teknologi yang canggih dari perangkat keras akan berfungsi bila intruksi-intruksi tertentu telah diberikan kepadanya, intruksi-intruksi tersebut dinamakan dengan perangkat lunak (software). Intruksi-intruksi perangkat lunak ditulis manusia untuk mengaktifkan fungsinya dari perangkat keras komputer.

Intruksi-intruksi yang ditulis oleh pembuat program dilakukan dengan menggunakan bahasa pemograman tertentu. Seperti telah diketahui bahwa komputer hanya mengenal sinyal elektronik, yang dalam kode binear diwakili dengan nilai 1 dan 0. demikian juga seharusnya intruksi-intruksi yang ditulis harus dalam bentuk binary dan akan membuat frustasi si pembuat program. Untuk mengatasi hal ini, maka intruksi-intruksi dapat dibuat dengan suatu bahasa pemograman tertentu dan diterjemahkan ke bahasa mesin yang dimegerti oleh komputer dengan suatu perangkat lunak yang disebut dangan language software.

Dalam sistem pengolahan data dengan bertujuan untuk menyelesaikan suatu masalah-masalah tertentu dengan cara mengolah data yang ada dengan menggunakan suatu program yang ditulis oleh pemogram komputer (programmer). Program yang ditulis ini dengan menggunakan bahasa pemograman yang disebut dengan perangkat lunak aplikasi (application software).

Menurut Prof. Dr. Jogianto, dalam bukunya membedakan perangkat lunak dikategorikan ke dalam tiga bagian, yaitu :

  1. Perangkat lunak sistem operasi (Operating system) yaitu program yang ditulis untuk mengendalikan dan mengkoordinasi kegiatan dari sistem komputer .
  2. Perangkat lunak bahasa (Language software) yaitu program yang digunakan untuk menterjemahkan intruksi-intruksi yang ditulis dalam bahasa pemograman ke dalam bahasa mesin agar dapat dimengerti oleh komputer.
  3. Perangkat lunak aplikasi (Aplikaton software) yaitu program yang ditulis dan diterjemahkan oleh language software untuk menyelesakan suatu aplikasi tertentu.

Sedangkan menurut Abdul Kadir dan Terra CH dalam bukunya, perangat lunak dikelompokkan berdasarkan fungsinya menjadi :

  1. Perangkat Lunak Aplikasi (Aplication software) adalah program yang bisa dipakai oleh pemakai untuk melakukan tugas-tugas yang spesifik; misalnya untuk membuat dokumen, manipulasi foto, membuat laporan keuangan dan sebagainya.
  2. Perangkat Lunak Sistem (system software) juga disebut perangkat lunak pendukung atau support software adalah program yang digunakan untuk mengontrol sumber daya komputer, misalnya : CPU dan piranti masukan/keluaran. Kedudukan program ini adalah sebagai perantara antara program aplikasi dan perangkat keras komputer, misalnya perangkat lunak sistem yaitu system operasi windows dan linux.
  3. Perangkat lunak aplikasi dapat kelompokkan menjadi :
a. Perangkat lunak hiburan 
Perangkat lunak hiburan mencakup program-program permainan, program untuk memainkan musik, untuk memaikan film dan lain-lain misalnya Winamp, Itunes, Power DVD, windows media player. 
b. Perangkat lunak pendidikan
Perangkat lunak yang bersifat pendidikan berguna untuk mempelajari atau mereferensi pengetahuan misalnya program kamus, pelajaran ilmu pengetahuan, pelajaran bahasa asing dan lain-lain.
c. Perangkat lunak produktivitas kerja
Perangkat lunak ini untuk meningkatkan produktifitas kerja misalnya program word processing, spreadsheet, presentasi grafik, dekstop publishing dan sebagainya, misalnya Microsoft. Office Word, Microsoft office Excel.
 
d. Perangkat lunak bisnis
Perangkat lunak bisnis untuk menagani aplikasi bisnis, misalnya berupa program untuk menagani persedian barang (inventory control) program keuangan, system akademik dan lain-lain.
 
e. Perangkat lunak khusus
Perangkat lunak yang sesungguhnya adalah program, sebagaimana telah anda ketahui, program adalah deretan intruksi yang digunakan untuk mengendalikan komputer sehingga komputer dapat melakukan tindakan sesuai yang dikehendaki oleh pembuatnya. Dalam hal ini pembuatnya telah mengatur komputer sehingga komputer memenuhi kebutuhan pemakai, program umumnya dibuat oleh vendor perangkat lunak (misalnya Microsoft) ataupun perorangan. Tentu saja, jika anda menguasai salah satu bahasa pemograman, anda bisa membuat program yang anda kehendaki.

Jenis perangkat lunak selalu berkembang sesuai dengan perkembangan kebutuhan manusia dalam menggunakan komputer. Semakin banyak ragam program komputer yang dibuat, semakin  banyak pula  kemampuan yang bisa dilakukan oleh komputer.
Perangkat lunak umumnya digolongkan kedalam tujuh kategori besar, dan di bawah kategori ini ada juga pengelompokan menurut jenis – jenisnya.

  1. Sistem Operasi ( Operating System )
  2. Bahasa pemograman ( Programming language )
  3. Program Aplikasi (Application Program )
  4. Program Paket ( Package Program )
  5. Utilitas ( Utility )
  6. Permainan ( Games )
  7. Multimedia
Sebenarnya kategori ke – 2 sampai ke – 7 bisa digolongkan sebagai aplikasi karena program – program tersebut berjalan diatas system operasi. Dengan kata lain, system operasi harus dipasang dan dijalankan lebih dulu pada komputer sebelum bisa menjalankan program aplikasi.

Bagaimana menurut Anda ?..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar