Halaman

Manusia tidak mungkin memperoleh pengetahuan baru, kecuali Dia mau beranjak dari apa yang telah diketahui untuk belajar apa yang tidak diketahuinya. --Claude Bernard--

Selasa, 08 Juni 2010

Etimologi Komputer

Etimologi Komputer

Sebelum kita menggunakan komputer, sebaiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang disebut dengan komputer. Pengenalan ini penting agar kita bisa menggunakan komputer tersebut dengan sebaik-baiknya, berdaya guna tinggi dan tepat guna.

Apa yang dimaksud dengan Komputer ?


Komputer adalah Seperangkat alat yang dipakai dan berfungsi  untuk mengolah data menurut prosedur  yang telah dirumuskan, input (menerima informasi), memprosesnya sesuai dengan program yang tersimpan di memorinya, dan menghasilkan output berupa hasil informasi.

Kata komputer secara umum pernah dipergunakan untuk mendefiniskan orang yang melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa mesin pembantu. tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika. Selama bertahun-tahun sudah ada beberapa arti yang berbeda dalam kata "komputer", dan beberapa kata yang berbeda tersebut sekarang disebut disebut sebagai komputer.

Komputer berasal dari bahasa latin “Computare” yang mengandung arti “Menghitung“. Karena luasnya bidang garapan ilmu computer, para pakar dan peneliti sedikit berbeda dalam mendefinisikan terminology komputer.

Menurut Barnhart
Menurut Barnhart Concise Dictionary of Etymology, kata tersebut digunakan dalam bahasa Inggris pada tahun 1646 sebagai kata untuk "orang yang menghitung" kemudian menjelang 1897 juga digunakan sebagai "alat hitung mekanis". Selama Perang Dunia II kata tersebut menunjuk kepada para pekerja wanita Amerika Serikat dan Inggris yang pekerjaannya menghitung jalan artileri perang dengan mesin hitung. 

Charles Babbage mendesain salah satu mesin hitung pertama yang disebut mesin analitikal. Selain itu, berbagai alat mesin sederhana seperti slide rule juga sudah dapat dikatakan sebagai komputer.

Menurut Hamacher
Menurut VC. Hamacher ZG, komputer merupakan mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memproses sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memory (stored program) dan menghasilkan output informasi.

Menurut Blissmer
Menurut Robert H. Bilssmer 1985 Komputer adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
  •  Menerima atau input
  •  Memproses input tadi sesuai dengan programnya
  •  Menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan
  •  Menyediakan output dalam bentuk informasi
Menurut Donald H. Saders 1985
Komputer merupakan suatu system elektronik yang mampu memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirangcang dan diorganisasikan secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output berdasarkan intruksi-intruksi yang telah tersimpan di dalam memory.

Menurut Fuori

Menurut William M Fuori, komputer merupakan suatu pemroses data (data processor) yang dapat melakukan perhitungan yang besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika tanpa campur tangan dari manusia mengoperasikan selama pemrosesan.


Menurut Gordon B. Davis
Komputer merupakan tipe khusus alat penghitung yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
 
Dari beberapa difinisi tersebut diatas, bahwa komputer adalah :
  • Alat elektronik
  • Dapat menerima input data
  • Dapat mengolah data.
  • Memberkan informasi.
  • Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (stored program).
  • Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan.
  • Bekerja secara otomatis.
Sedangkan yang disebut program adalah kumpulan dari beberapa intruksi atau perintah terperinci yang sudah disiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan.

Demikian definisi terminology komputer menurut para pakar dan peneliti diatas mencakup banyak alat khusus yang hanya bisa memperhitungkan satu atau beberapa fungsi.
Ketika mempertimbangkan komputer yang modern, sifat mereka yang paling penting adalah yang membedakan mereka dari alat menghitung yang lebih awal bahwa dengan pemrograman yang benar, semua komputer dapat mengemulasi sifat apa pun meskipun barangkali dibatasi oleh kapasitas penyimpanan dan kecepatan yang berbeda).

Secara umum system komputer terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu satu kesatuan untuk melaksankan tujuan pokok dari system tersebut. Tujuan pokok dari system komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan suatu informasi maka diperlukan system komputer (computer system) yang elemennya terdiri dari :
  1. Hadware (Perangkat keras) Adalah Peralatan yang secara fisik terlihat dan bisa dijamah.
  2. Software (Perangkat lunak) Adalah suatu program yang berisi intruksi/perintah untuk melakukan pengolahan data.
  3. Brainware (Manusia) Adalah Manusia yang mengoperasikan dan mengendalikan komputer.
==============================================================================
Hadware, Software dan Brainware adalah elemen sistem komputer yang saling berhubungan dan membentuk suatu kesatuan satu sama lainnya.

Contoh : Hadware atau Perangkat keras, tidak akan berfungsi apabila tidak ada/ tanpa software, demikian juga sebaliknya Software atau perangkat lunak tidak akan berfungsi tanpa adanya hadware (perangkat keras). Keduanya tidak akan bermanfaat apabila tidak ada manusia (brainware) yang mengoperasikan dan mengendalikannya.

==============================================================================
Kita dapat menyimpulkan bahwa Sistem komputer tidak bisa berjalan hanya dengan salah satu perangkat, tetapi memerlukan ketiga-tiganya.
==========================================================================

Tidak ada komentar:

Posting Komentar